Dari Politisi Hingga Birokrat, Jelang Pilkada 2020 Jember Mulai Memanas | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Dari Politisi Hingga Birokrat, Jelang Pilkada 2020 Jember Mulai Memanas

PMII NEWS Online
19 Juli 2019

PMII NEWS Online - Bola panas pilkada Jember tahun 2020 telah menggelinding hangat di jagat media sosial, nama-nama kandidat satu-persatu muncul di permukaan dan digadang-gadang akan memeriahkan kontestasi demokrasi 5 tahunan itu.

5 tahun kepemimpinan ibu Faida yang dianggap belum cukup berhasil meraih simpati publik, mendorong figur-figur potensial dengan rekam jejak berpengaruh di bidangnya masing-masing untuk turut berikhtiar menjadi orang nomor satu di kabupaten yang kerapkali dijuluki kota pandalungan itu .

Kandidat kuat yang berpotensi menjadi rival calon petahana diantaranya politisi gerindra Muhammad Fawaid, pengusaha muda Emirzal Andis, politisi PKB sekaligus ketua pemuda Ansor Ayub Junaidi, sementara dari gerbong birokrasi muncul dua nama potensial yakni Rasyid Zakaria serta Sekretaris Daerah Mirfano.

Perjalanan masih akan terus bergulir hingga beberapa bulan kedepan, tidak menutup kemungkinan diantara nama-nama di atas akan melakukan manuver koalisi dan mungkin memunculkan nama baru mengingat proses politik jelang pendaftaran masih akan berjalan hingga 6 bulan kedepan.

Masa depan pembangunan Jember menuju kabupaten yang lebih baik kemungkinan akan diamanahkan pada pundak tokoh-tokoh tersebut. Jember 5 tahun terakhir mengalami turbulensi pengelolaan birokrasi yang amat parah.

Tiga tahun berturut-turut menghasilkan Silpa dengan angka fantastik diiringi dengan polemik internal pemerintahan yang tak kunjung rampung sejak pilkada 2015 silam, situasi ini diperparah dengan maraknya aksi korupsi beberapa kedinasan.

Pilkada 2020 adalah pertaruhan apakah Jember akan jatuh semakin tertinggal atau meraih kejayaan di tangan pemimpin yang tepat.

Penulis: Adil Saputra