Pembangunan Pabrik di Kawasan Cagar Budaya, Inilah Penryataan PKC PMII JATIM | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Pembangunan Pabrik di Kawasan Cagar Budaya, Inilah Penryataan PKC PMII JATIM

PMII NEWS Online
22 Mei 2019
Foto: Abdul Ghoni, (tengah) Ketua Umum PKC PMII JATIM
PMII NEWS Online - Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jawa Timur (PKC PMII JATIM) akan terus mengawal pembangunan pabrik triplek yang dilakukan oleh PT. Indah Karya Plywood dikawasan Cagar Budaya Batu Meghalit di pekauman, Bondowoso. Rabu, (22/05/2019)

PKC PMII JATIM, Abdul Ghoni mengapresiasi aksi PMII Bondowoso atas penolakan pembangunan pabrik tiplek di kawasan cagar budaya.

Aksi penolakan bangunan triplek tersebut dilakakun di depan kantor PEMKAB Bondowoso. Selasa, (21/05/2019), dengan jumlah massa aksi 50 orang, diantaranya, pengurus, anggota, dan kader PMII, serta sebagian pemuda dan warga Bondowoso.

"PMII JATIM akan membantu dan mengawal baik dari advokasi sahabat-sahabat PMII Bondowoso," jelas pemuda asal pulau madura tersebut.

Abdul Ghoni juga menuturkan, bahwa ada indikasi pelanggaran secara regulasi kalau dilandasi Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Alam pasal 66 yang berbunyi;

(1) Setiap orang dilarang merusak Cagar Budaya, baik seluruh maupun bagian-bagiannya, dari kesatuan, kelompok, dan/atau dari letak asal.

(2) Setiap orang dilarang mencuri Cagar Budaya, baik seluruh maupun bagian-bagiannya, dari kesatuan,
kelompok, dan/atau dari letak asal.

Dari beberapa temuan PMII Bondowoso jika bangunan pabrik triplek itu diduga ada pencemaran hingga merusak bagian-bagian cagar budaya yang ada di sekitar dan dikembalikan lagi kepada peraturan tentang cagar budaya itu bisa didugaelanggar.

"PMII JATIM mengkaji dari hasil temuan dan analisa PMII Bondowoso bahwa bangunan pabrik tersebut ada dugaan melanggar regulasi yang berlaku tentang cagar budaya," paparnya.
Pewarta : Editor :
Kaderizen AamNh7