Gagal Pembangunan Pabrik di Kawasan Cagar Budaya, Ketua PMII: Bondowoso Bukan Kabupaten Sembarangan | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Gagal Pembangunan Pabrik di Kawasan Cagar Budaya, Ketua PMII: Bondowoso Bukan Kabupaten Sembarangan

PMII NEWS Online
24 Mei 2019
Foto: Ketua Cabang PMII Bondowoso, Sahabat Fathor Rozi
PMII NEWS Online - Pembangunan Pabrik Triplek Oleh PT. Indah Karya Plywood (IKP) diatas kawasan situs cagar budaya Pekauman akhirnya menemukan titik terang. Pasalnya pembangunan tersebut ditolak banyak pihak karena menabrak undang-undang, mulai dari tidak memiliki izin, hingga memaksakan untuk melakukan pembangunan sebelum dilakukannya kajian dari tim ahli.

Mulanya pihak pabrik memaksa memulai pembangunan, dan pada akhirnya dihentikan selama satu minggu hingga kajian Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur selesai.

Usai kajian (22/05/19) TACB dan BPJB Jawa Timur melakukan perjumpaan dengan seluruh pihak terkait untuk mempresentasikan hasil kajiannya di Pendopo Bupati Bondowoso, terdiri dari pihak pemkab, pihak PT, dan beberapa elemen lainnya. Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan, bahwa PT. IKP tidak boleh ada aktivitas pembangunan di atas Kawasan Cagar Budaya. Mengingat pekauman adalah kawasan cagar budaya.

Melihat sikap pemerintah Kabupaten Bondowoso tersebut, ketua cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Bondowoso, Fathor Rozi merasa bersyukur dan menganggap ini bagian dari ketegasan pemerintah. Sebab sehari sebelumnya, PMII Bondowoso melakukan aksi turun jalan di depan pemkab Bondowoso dalam rangka menyerukan penolakan terhadap rencana dibangunnya pabrik triplek tersebut

"Saya bersyukur pemerintah sudah tegas Terhadap PT. IKP untuk tidak melanjutkan pembangunannya. Ini adalah respon cepat pemerintah atas aspirasi yang disampaikan PC PMII Bondowoso dan elemen masyarakat yang bersama-sama menolak pembangunan pabrik dikawasan Cagar Budaya," ujar pemuda yang akrab disapa cak Ozi ini

Bahkan ketum cabang PMII Bondowoso itu juga menegaskan, kalau Aksi demontrasi oleh PC PMII Bondowoso sehari sebwlumnya tidak sia-sia.

"Ini salah satu bukti kalau aksi yang di lakukan sahabat-sahabat PMII Bondowoso kemarin tidak sia sia. Kita patut berbangga, Ini adalah keberhasilan masyarakat Bondowoso dalam upaya menjaga entitas sejarah kabupaten tercinta ini," imbuhnya.

Menyikapi apa yang telah diputuskan pemerintah atas pelarangan pembangun pabrik tersebut, PC PMII Bondowoso tegas akan terus mengkawal persoalan ini hingga benar-benar selesai.

"Sekalipun pemerintah sudah memutuskan pelarangan terhadap pembangun pabrik PT. IKP, kami akan terus mengkawal persoalan ini hingga benar-benar tuntas," tegas Ozi

Dengan kejadian ini, Ketua Cabang PMII Bondowoso Ke 11 Itu, mengajak seluruh elemen agar terus konsisten dalam melakukan upaya-upaya antisipatif dalam rangka menjaga dan mengangkat martabat Bondowoso di mata siapapun.

"Bondowoso ini sangat kaya akan sejarah, di kota inilah peradaban dimulai. Oleh karenanya, kita sebagai masyarakat Bondowoso, utamanya saya pribadi atas nama Pengurus Cabang PMII Bondowoso siap didepan untuk melakukan upaya-upaya menjaga kabupaten ini agar tidak lagi diperlakukan sembarangan oleh siapapun," tutup ozi dengan nada meninggi.
Pewarta : Editor :
Abduh AamNh7