Ketua PMII JATIM Peringatkan Ketua ESDM JATIM Tak Asal Bicara Soal Tambang Emas Silo | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Ketua PMII JATIM Peringatkan Ketua ESDM JATIM Tak Asal Bicara Soal Tambang Emas Silo

PMII News Online
23 November 2018
PMII NEWS Online - Pernyataan kepala ESDM Jawa timur, setiajit, dalam seminar pertambangan yang dibiayai oleh PT. bumi seksesindo di Surabaya pada Kamis tanggal 22 November kemarin berbuntut panjang.

Ketua Pengurus Koprdinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Jawa Timur mengingatkan agar setiajit tak asal bicara perihal pertambangan di Silo kabupaten Jember tersebut.

"Tentu sangat menyayangkan pernyataan itu bisa keluar dari seorang kepala dinas Jawa timur, mengingat baru dua hari yang lalu masyarakat silo datang menemui sekda Jatim dan komisi D DPRD provinsi Jawa timur, juga sowan menghadap kKyai Marzuki Mustamar untuk menggalang dukungan dan mengedarkan petisi penolakan tambang, lah kok sekarang bapak setiajit ini tiba-tiba muncul dengan statement yang ngawur dan tidak mempertimbangkan perasaan masyarakat silo", ungkap Ketua PMII Jawa Timur (23/11/2018).

Abdul Ghoni menyarankan setiajit mempelajari sosio-kultural dan basis kehidupan masyarakat agraris jember timur terlebih dahulu sebelum memberikan pernyataan ngawur, ia menambahkan bahwa rencana proyek tambang emas silo bertentangan dengan sekian peraturan perundangan-undangan yang ada.

"Baiknya setiajit, belajar banyak hal tentang sosial-budaya dan tradisi agraris masyarakat Jember terlebih dahulu, juga pelajari sekian regulasi dan ancaman lingkungan yang akan terjadi pada masyarakat silo, sebelum memberikan pernyataan dengan landasan yang lemas" begitu tutup sarjana ilmu keperawatan tersebut.

Pewarta : Editor :
Adil SP AamNh7