Download Kiai Bisri Syansuri Tegas Berfiqih, Lentur Bersikap | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Download Kiai Bisri Syansuri Tegas Berfiqih, Lentur Bersikap

PMII News Online
10 November 2018

PMII NEWS Online - Assalamualaikum Wr. Wb. Bismillaahirrohmaanirrohim. Alhamdulillaahirobbil’aalamin. Hamdan Yuuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidah. Yaa robbana lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali wajhika wa’adhiimi sulthoonik. Wa shollal laahu ‘alaa sayyidina muhammaddin wa’alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin.

DENGAN diselesaikannya buku biografi yang berjudul Kiai Bisri Syansuri; Tegas Berfiqih, Lentur Bersikap, saya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif mengapresiasi dengan baik atas penyusunan buku tersebut. Dalam biografi ini penulis memberikan gambaran tentang peranan KH. Bisri Syansuri baik dalam perkembangan pendidikan pesantren maupun sebagai salah satu pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama.

Di sini penulis berusaha untuk memisahkan antara tulisan yang subjektif atas sosok KH. Bisri Syansuri. Tentu hal tersebut tidak mudah bagi penulis, karena di setiap penulisan biografi seringkali terjebak dalam subjektifitas sejarah. Terlepas dari itu semua sebenarnya penulis juga sudah berusaha menyajikan tulisan yang objektif tentang biografi KH. Bisri Syansuri. Penulisan biografi seorang ulama besar seperti KH. Bisri Syansuri tidaklah mudah, karena penulis juga dihadapkan dengan masalah-masalah seperti sulitnya mencari data-data primer yang berhubungan dengan penulisan biografi tersebut. Faktor buku literatur yang dirasa kurang membuat penulis harus pandai-pandai mengolah data dan mencari data baik berupa data sekunder maupun primer.

Salah satu tujuan dari penulisan biografi ini adalah untuk menjelaskan perjalanan hidup KH. Bisri Syansuri yang semasa hidupnya pernah menempati dua posisi penting dalam organisisi besar Islam di Indonesia. Dua posisi besar yang pernah diduduki beliau adalah sebagi Rais Aam PBNU dan Rais Aam Syuriah PPP (Partai Persatuan Pembangunan). Disamping itu sosok KH. Bisri Syansuri merupakan pendiri sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif semasa hidupnya.

Dalam perkembangannya, KH. Bisri Syansuri juga memberikan pemikirannya tentang pendidikan agama Islam untuk kaum perempuan. Hal ini terbukti ketika beliau mendirikan Pondok Pesantren khusus perempuan pada tahun 1927 di Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. Ini merupakan pesantren perempuan pertama di Jawa Timur.

Keteguhan KH. Bisri Syansuri untuk berpegang tegung pada ilmu fiqih sangat jelas tergambar dalam penulisan ini, yakni ketika ia menunjukkan pengaruh besarnya dalam mengubah Rencana Undang-Undang Perkawinan agar tetap berpedoman pada syariat Islam.

Sehingga Rencana Undang-Undang tersebut ditetapkan sebagai Undang-Undang pokok Perkawinan, ketika itu KH. Bisri Syansuri menjadi anggota DPR-RI perwakilan dari Nahdlatul Ulama. Sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari beliau tidak lepas dari ilmu fiqih—yang bisa dikatakan sebagai pandangan hidupnya. Segala tutur katanya sesuai dengan apa yang beliau kerjakan. Maka dari itu, beliau merupakan salah satu ulama besar yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di Indonesia.

Di sisi lain, beliau juga sosok ulama yang berani melawan rezim Orde Baru pada saat itu. Ini tergambar ketika keputusannya melakukan walk-out pada persidangan umum MPR di tahun 1978, yang membahas tentang disahkannya aliran kepercayaan dan P4 sebagai ketetapan MPR. Tindakan beliau ini bukan tanpa alasan, karena keputusan untuk ketetapan MPR mengenai aliran kepercayaan dan P4 tersebut tidak sesuai dengan ajaran agama Islam—yang menjadi pedoman hidup KH. Bisri Syansuri. Semua keputusan yang diambil KH. Bisri Syansuri, baik dalam kehidupannya di Pondok Pesantren maupun dalam keanggotaanya di DPR-RI/MPR selalu berpedoman kepada ajaran agama Islam.

”Sesungguhnya sejarah itu mengandung pengetahuan yang dalam”.

Dalam pengertian tersebut, bahwa mempelajari sejarah harus mempunyai pendalaman ilmu yang baik, kerana sejarah mempunyai banyak pelajaran yang perlu diambil untuk menata masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, marilah kita semua mengambil pelajaran yang tercermin dari kehidupan KH. Bisri Syansuri untuk menjadi lebih baik. Sehingga kita semua mendapatkan manfaat dan berkah dari semua yang pernah diajarkan oleh beliau untuk menjadikan kehidupan ini lebih bermartabat.

Buku yang sedang anda baca ini merupakan cetakan kedua, yang telah mengalami perbaikan-perbaikan. Selain beberapa masukan secara personal yang diterima oleh penyusun, perbaikan yang ada dalam buku ini juga didasarkan dari hasil kegiatan bedah buku cetakan pertama, yang diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2015 di Aula PWNU Jawa Timur.

Secara umum masukan yang diberikan saat bedah buku tersebut telah disesuaikan dalam isi buku ini. Secara khusus, ceramah yang disampaikan oleh KH. A. Mustofa Bisri dalam kegiatan bedah buku tersebut, dipaparkan secara terpisah sebagai epilog dalam buku ini. Sekali lagi, Buku ini mungkin saja jauh dari kesan ilmiah. Beberapa bagian diambil dari tulisan-tulisan yang sudah pernah ada, namun tidak secara eksplisit ditampilkan dalam catatan kaki. Karenanya, hendak mengatakan bahwa buku ini adalah suatu karangan ilmiah, juga amat berlebihan. Namun demikian, berbagai bahan bacaan dan yang secara khusus dirujuk dalam penyusunan buku ini, tetap ditampilkan di bagian akhir, berupa daftar pustaka.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Jombang, April 2015
Pengasuh PP. Mambaul Ma’arif
Denanyar, Jombang
KH. Abdussalam Shohib

Download Kiai Bisri Syansuri Tegas Berfiqih, Lentur Bersikap