Download Buku NU Membimbing Umat | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Download Buku NU Membimbing Umat

PMII News Online
08 November 2018

PMII NEWS Online - Rais Aam merupakan tokoh paling sentral di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi panduan dalam seluruh kebijakan dan sikap organisasi. Yang menduduki posisi tersebut merupakan orang-orang terpilih dengan segala kelebihan yang dimilikinya. Panduan dan arahan yang diberikan kemudian dilaksanakan oleh struktur tanfidziyah yang merupakan pelaksana.

KH Ma’ruf Amin terpilih sebagai rais aam dalam struktur kepengurusan PBNU periode 2015-2020 dalam muktamar ke33 NU di Jombang pada 2015. Beliau juga menjabat sebagai ketua umum MUI. Dengan memangku dua jabatan di dua institusi agama Islam paling strategis di Indonesia, apa yang disampaikannya memiliki dampak luas.

Dengan kondisi kesehatan yang baik, ia bisa berkeliling ke seluruh Indonesia untuk bertemu dengan para pengurus syuriyah untuk menyatukan visi dan menjelaskan tentang gerakan NU. Di sela kegiatan MUI yang juga padat, beliau juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan tokoh-tokoh NU setempat atau menggelar acara NU. Saat pemerintah membutuhkan nasehatnya dalam beragam persoalan keagamaan, dengan ringan ia bertemu dengan para pejabat negara. Kediamannya yang ada di Jakarta memudahkan berbagai aktifitas tersebut.

Satu ungkapan yang selalu diungkapkan olehnya adalah al-muhafadhah ‘alal qadim al-shalih wal akhdzu bil jadidil ashlah wal ishlah ila ma huwal ashlah tsummal ashlah fal ashlah. Ungkapan ini sangat terkenal di lingkungan pesantren bahwa kita harus memelihara yang lama yang masih bagus tetapi mengambil yang baru yang lebih bagus. Secara teks, ungkapan ini bagus, tetapi dalam prakteknya, terdapat kecenderungan untuk tetap berkutat pada nilai lama. Kiai Ma’ruf berusaha menekankan pentingnya perbaikan dan inovasi secara terus menerus. Apa yang disampaikan sangat pas dengan kondisi kekinian.

Beliau juga kiai yang memiliki perhatian terhadap ekonomi syariah. Cucu Syekh Nawawi Banten ini terlibat secara langsung dalam pengembangan ekonomi syariah, termasuk membantu pendirian bank-bank syariah. Saat NU Online sowan, ia sangat bersemangat menyampaikan ide-ide pengembangan ekonomi, terutama ekonomi syariah. Baginya, umat Islam tak boleh terjebak pada wacana-wacana yang silih berganti menguras energi umat. Dan sebagian besar berhenti pada tataran wacana.

Sikap kebangsaannya juga dengan tegas menyatakan bahwa NKRI adalah bentuk final bangsa Indonesia. Dan, umat Islam tinggal mengisi bangunan negara ini dengan nilainilai keislaman. Pengalamannya sebagai politisi dari tingkat bawah sampai pusat membuatnya mampu memahami persoalan kenegaraan dengan baik, dan mengambil posisi yang memadukan kepentingan bangsa dan umat Islam sebagai agama yang dipeluk oleh mayoritas dengan baik.

Tulisan-tulisan yang dirangkum dalam buku ini merupakan rangkaian berita atau artikel tentang beliau yang diunggah di NU Online selama kurun 2017. Hal ini merupakan upaya untuk memudahkan pembacaan karena tulisan dipilah-pilah dalam kategori tertentu sehingga ada benang merah pikiran yang disampaikan. Semoga usaha kecil ini bisa menjadi pelajaran dan membawa manfaat yang memacu kita untuk menjadi lebih baik

Jakarta, Desember 2017
Achmad Mukafi Niam
Download Buku NU Membimbing Umat