Datangnya HM News Untuk Kader PMII | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Datangnya HM News Untuk Kader PMII

PMII NEWS Online
12 September 2018
PMII NEWS Online - Era globalisasi, era yang dimana teknologi sangat mendominasi kehidupan sehari-hari dan berkembang sangat pesat. Teknologi membuat jarak tidak lagi menjadi sebuah masalah dalam berkomunikasi. Internet tentu saja menjadi salah satu medianya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan pengguna internet di Indonesia berdasarkan laporan Tetra Pak Index 2017 mencatatkan ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia.

Dimana setengah dari pengguna internet tersebut merupakan penggila media sosial. Di era sekarang ini banyak sekali orang-orang yang melakukan interaksi atau berkomunikasi melalui media sosial.

Dulu pengguna media sosial identik dengan anak muda, namun sekarang mulai dari orang tua hingga anak kecil merupakan pengguna media sosial.

Media sosial yang biasanya digunakan meliputi facebook, instagram, youtube, twitter, dan path. Bahkan pengguna Twitter berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global.

Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling besar di dunia sehingga mampu meraup keuntungan mencapai USD 145 juta.

Selain Twitter,  jejaring sosial lain yang dikenal di Indonesia adalah  Path dengan jumlah pengguna 700.000 di Indonesia. Line sebesar 10 juta pengguna, Google+ 3,4 juta pengguna dan Linkedlin 1 juta pengguna (Kominfo, 2013).

Berdasarkan data tersebut, sangat disayangkan sekali jika kemajuan teknologi internet ini hanya digunakan untuk sekedar update status atau saling memberikan komentar tanpa memberi solusi yang efektif.

Jika dikembalikan pada peran kita sebagai mahasiswa yang dikatakan sebagai agent of change.

Hendaknya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan sebaik mungkin terutama sebagai wadah untuk berkarya dan terus membuat perubahan positif dan manfaat untuk lingkungan sekitar.

Apalagi sebagai seorang kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang dituntut untuk mewujudkan tujuan organisasi berdasarkan AD/ART PMII Pasal 4 yang berbunyi:

Terbetuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap, dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dibuatlah Hasta Mitra News atau yang selanjutnya disingkat menjadi HM News.

Melalui HM News diharapkan dapat membesarkan dan memperkenalkan PMII ke seluruh dunia melalui karya-karya kader PMII dan berita terkait PMII tentunya.

HM News merupakan sebuah portal berita dan modul online yang bisa diakses oleh seluruh kalangan, baik dari internal PMII maupun masysrakat luas tanpa batas.

Dengan adanya portal berita tersebut, diharapkan HM News dapat memberikan wawasan dan infomasi terkait berita-berita seputar PMII yang ada di Indonesia dalam waktu yang singkat serta akses yang mudah untuk dijangkau.

Selain itu, HM News juga dapat menjadi wadah untuk seluruh kader PMII di Indonesia berproses serta berkontribusi dalam memberikan gagasan, ide-ide, opini dan karya lain yang dibagi dalam beberapa kategori yaitu, good news from PMII, puisi, essay, resum, opini, dan kolom.

HM News juga memiliki modul online yang berisi materi MAPABA dan materi PKD yang berasal dari pengurus Rayon serta Komisariat di Indonesia yang telah includ dalam modul online HM News.

Sehingga, dapat dijadikan akses untuk setiap Rayon dan Komisariat di Indonesia dalam berbagi wawasan serta pengetahuan terkait PMII. Dengan adanya modul online ini, diharapkan dapat berfungsi sebagai buku saku yang dapat dibawa kemana saja dan dapat diakses kapan saja selagi memiliki jaringan internet.

Selain itu, dengan adanya modul online oleh HM News ini diharapkan dapat mengurangi beban komersial dalam biaya pendaftaran yang akan dapat menjadi lebih murah. Sehingga, dapat terciptanya kuantitas dan kualitas kader yang seimbang.

HM News selalu membuka siapa saja sahabat-sahabati yang ingin berkontribusi bersama HM News untuk menyebarkan informasi, wawasan serta ilmu pengetahuan baru.

Tetapi, tidak bisa memberikan honorarium kepada kontributor, karena HM News merupakan komunitas menulis non-komersial yang berlatar belakang berasal dari PMII untuk terus memberikan wacana bagi seluruh kader-kader PMII di seluruh dunia pada umumnya.

Pewarta : Editor :
Futri Yuliana Herwiningsih