PMII IAIN Pontianak Khatamkan Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PMII IAIN Pontianak Khatamkan Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah

PMII News Online
10 Mei 2018
PMII NEWS Online - Rasa Syukur dan bangga terbenak dalam hati kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Pontianak, Kalimantan Barat. Pasalnya mereka telah khatam mengikuti kajian kitab karya Hadratusseikh KH Hasyim Asy’ari yaitu Risalah Ahlussnnah Wal Jama’ah, Selasa (8/5) malam. Kegiatan yang berlangsung di sekretariat organisasi tersebut ditutup dengan tumpengan dan makan bersama. 
Hasani Mubarak selaku pengkaji kitab sekaligus pemateri pada awal kajian mengatakan jika para kader belum pernah bertemu ataupun berguru langsung dengan pengarang kitab ini, minimal pernah mengkaji kitabnya. “Karena siapa yang pernah ngaji kitab ini, maka sanad dari pengarang kitab tidak diragukan lagi, karena sampai kepada Rasulullah SAW,” katanya.

“Dengan mengkhatamkan kitab yang berjumlah 15 halaman, PMII IAIN membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan,” katanya.

Ketua Komisariat IAIN Pontianak, Mustofa dalam hal ini berkesan bahwa kajian yang diadakan Rayon Abu Hanifah tersebut. “Ini sangatlah luar biasa lantaran semua dilakukan dengan keistiqamahan pemateri dan para kader yang rutin mengengikuti kajian kitab,” ungkapnya.
Sebelumnya, kader PMII di kampus tersebut juga telah mengkhatamkan kitab Fathul Qarib dan saat ini kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah. “Akan ada kajian kitab kuning atau kitab klasik lainnya dengan segala keistiqamahan dan mengharap barakah dari para ulama, serta mewujudkan trilogi PMII yaitu zikir, fikir dan amal shalih," jelasnya.

Di penghujung kajian, Hasani memimpin doa khataman. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan syukuran berupa pemotongan tumpeng yang dibagikan kepada peserta yang hadir. Merekapun berharap semoga PMII IAIN Pontianak mendapat berkah dari adanya kajian rutinan kitab tiap Selasa malam tersebut.

Sumber: NU Online