PMII IAIN Pontianak Adakan Ngaji Administrasi | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PMII IAIN Pontianak Adakan Ngaji Administrasi

PMII NEWS Online
11 Mei 2018

PMII NEWS Online - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Pontianak mengadakan diskusi bertemakan Ngaji Administrasi. Kegiatan dilaksanakan Senin (7/5) malam di aula kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pemateri kegiatan ini adalah senior yang merupakan Ketua Pengurus Cabang PMII Kabupaten Malang, Jawa Timur yaitu Abdul Hadi.

“Ngaji administrasi merupakan salah satu agenda PMII, di mana kita bisa saling berbagi ilmu pengetahuan terutama tentang adminstrasi," kata Mustofa.

Ketua Komisariat  PMII IAIN Pontianak ini juga mengatakan dengan pahamnya para kader terhadap administrasi, maka kegiatan dapat tercatat rapi. “Dengan demikian generasi sesudahnya bisa menjadikan dokumen PMII sekarang sebagai contoh,” jelasnya. Ia juga menegaskan bahwa admnistrasi tidak hanya mengenai surat menyurat, namun lebih dari itu, lanjutnya.

Sebelum masuk materi, Abdul Hadi menegaskan bahwa mempelajari administrasi sangat penting terutama bagi mahasiswa yang aktif di organisasi. "Kita perlu tahu ilmu administrasi,” ungkapnya. Karena suatu saat kalau mendapatkan surat dan paham dengan surat menyurat, bisa mengembalikan kepada pengirim bila terdapat kekeliruan. Oleh sebab itu memahami Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tentang administrasi menjadi penting, lanjutnya.
Abdul Hadi juga menyinggung jenjang pengkaderan atau tahapan kader di PMII. “Pada semester berapa mahasiswa mengikuti Masa penerimaan Anggota Baru atau Mapaba, demikian pula dengan PKD,” katanya. Pun demikian di semester keberapa kader menjadi pengurus rayon atau komisariat, dan kapan pula akhirnya menjadi pengurus cabang, hingga alumni, lanjutnya.

"Kita juga tidak boleh ngawur dalam berorganiasi terutama dalam jenjang pengkaderan lantaran ada aturanya,” jelasnya. Terhitung mulai kapan menjadi anggota, pengurus hingga alumni hendaknya dipelajari dengan seksama.

Jangan asal, seperti baru masuk semester awal sudah jadi pengurus. “Sehingga nantinya belum lulus sudah menjadi pengurus cabang,” selorohnya. Untuk itu perlu kesadaran bagi kader PMII kususnya di Pontianak untuk memperbaiki jenjang pengkaderan dan kepengurusan.

Para kader yang hadir terlihat serius mengikuti ngaji administrasi. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah pertanyaan yang dilontarkan kepada pemateri. Hal ini tentu pertanda baik bagi keadministrasian PMII di masa mendatang.

Sumber: NU Online