Penjelasan Singkat PMII Oleh Kader Pontianak | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Penjelasan Singkat PMII Oleh Kader Pontianak

PMII News Online
30 Mei 2018

PMII NEWS Online - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang lebih akrab disapa PMII adalah organisasi kemahasiswaan yang dengan lantang menyuarakan komitmenannya terhadap agama rahmatan lil alamindan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ya, komitmen ini tentu saja merupakan warisan yang diberikan oleh sesepuh mereka, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) yang meyakini  bahwa menjaga keutuhan negara merupakan implementasi dari bersemayamnya iman dalam diri manusia.

PMII merupakan organisasi yang ditunggu-tunggu setiap penjuru tanah air, karena dengannyalah fahamAhlussunnah Wal Jama’ah dapat dibumikan dalam ruang lingkup kampus. Sebagai mana sejarah mengatakan, PMII pada awal didirikan sebagai perpanjangan tangan Nahdlatul Ulama agar ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) an-Nahdliyah dapat ditegakkan berdampingan dengan HMI-Masyumi dengan pan-Islam-ismenya, GMNI dengan sosialismenya di masa itu.

Hampir semua aktivis PMII mengatakan bahwa gerakan PMII berangkat dari tangisan rakyat (ampera),  sehingga wajar apabila semua kader PMII memiliki hubunganHumanis  yang baik dengan orang lain, baik sesama kader PMII, kader OKP lain bahkan dengan alam sekitar sekalipun. Pernyataan ini diperkuat dengan Nilai Dasar Pergerakan atau NDP PMII dengan poin-poinnya yaitu

  1. Hablummin Allah
  2. Hablummina an-Nas
  3. Hablummina al Alam
Penulis:  Shin/Parkiran