PMII Dan HMI Cabang Lamongan Aksi Menolak UU MD3 | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PMII Dan HMI Cabang Lamongan Aksi Menolak UU MD3

PMII News
20 Maret 2018

PMII NEWS Online - Lamongan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Lamongan dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi demo menolak Undang-undang MD3 di depan Gedung kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan, Jl Basuki Rahmad, kec Lamongan, Selasa (13/3/2018)

Para aktifis berkumpul di Gedung Olahraga (GOR) untuk memulai longmac menuju ke gedung dewan, di depan gedung dewan para aktifis berorasi menolak revisi UU No. 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3).

Dalam orasinya ketua umum PMII cabang Lamongan menuntut DPRD menemui para demonstran yang ingin menyampaikan aspirasinya. Bahwa kita mahasiswa disini menolak dengan tegas segala bentuk pengkhianatan terhadap nilai-nilai UUD 1945 dan demokrasi.
Kami menolak dengan tegas pasal 122 K yang berisi pengambilan langkah hukum bagi penghina kehormatan anggota dewan. Ini bertolak belakang dengan UU 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Dengan diberlakukan pasal 122 K maka ekspresi kritik masyarakat terhadap kinerja DPR semakin terbatasi, " kata Ilfan Aris selaku korlap Aksi.

Pada siang itu aksi tersebut Ketua DPRD Kaharuddin belum bisa menemui para demonstran, yang di wakili oleh Bapak Drs. Naim, M Ag menegaskan akan menyampaikan tuntutan dalam aksi ini kepada ketua  DPRD Kabupaten Lamongan.

Bapak Drs. Naim M Ag selaku komisi A itu memberikan garansi dan akan memfasilitasi kepada perwakilan demonstran akan dipanggil untuk bertemu langsung dengan ketua DPRD Lamongan dengan jangka waktu satu atau dua hari, pungkasnya.
Setelah mendapat jawaban tentang sikap perwakilan DPRD Lamongan, Perwakilan para aktifis memberikan sikap tegas atas pernyataan dari perwakilan DRPD tersebut bahwasanya revisi UU MD3  justru menjadi bumerang bagi demokrasi bangsa ini. Yang  pada hakikatnya revisi tersebut telah mengkhianati UU 45. Ia juga mengancam ketika ketua dewan tidak menemuinya ia akan memberikan sangsi tegas kepada seluruh anggota dewan bahwa mereka telah tidak mendengarka aspirasi kami. tegasnya M. Fahmi Fikri selaku Ketua PC PMII LAMONGAN.

Pewarta : Editor :
Aam Herwiningsih