Harga BBM Naik, Aktivis Kemana? | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Harga BBM Naik, Aktivis Kemana?

25 Maret 2018
PMII NEWS Online - Bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di seluruh SPBU (pom bensin) di Indonesia mulai tanggal 24 Maret 2018 dinaikkan harganya.

Melihat dari beberapa perjalanan ketika BBM naik beberapa organisasi mahasiswa, masyarakat dan sosial melakukan aksi demonstrasi untuk menolak kenaikan harga BBM.

Apakah para aktivis organisatoris di beberapa kalangan sudah mulai tumpu dalam pola pemikiran yang tidak tajam, seperti hal nya saat ini aktivis lebih disukkan oleh proyek-proyek lokal, konflik internal, dan beberapa problem dan keuntungan lainnya sehingga tidak peka terhadap perubahan.

Hasil analisa mimin baik di lapangan maupun bebera versi lainnya bahwa aktivis saat ini lebih fokus kepada hal-hal politik pragmatis bukan politik kebangsaan yang diutamakan. Hal itu pun membawa efek besar kepada generasi-generasi yang ada saat ini.

Kalau mengingat beberapa tahun yang lalu, ketika ada kenaikan bahan pokok pangan apalagi BBM yang merupakan alat untuk berjalannya transportasi yang menjadi kebutuhan pokok dalam bertransportasi langsung ada beberapa aksi demontrasi untuk menolak kenaikan harga tersebut. Perlu menjadi bahan refleksi kita bersama, bagaimana ini semua tanggungjawab semuanya untuk menumbuhkembangkan para aktivis lebih oto-kritik serta peka dan tajam untuk menganalisanya. (mungkin malas membaca, sehingga tumpul pemikirannya), baik membaca tekstual maupun kontekstual.

Penulis : AamNh7