Seminar Nasional Rayon Einstein, Bahas Pancasila Dalam Perspektif Agama, Politik Dan Ideologi | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Seminar Nasional Rayon Einstein, Bahas Pancasila Dalam Perspektif Agama, Politik Dan Ideologi

07 Januari 2018
PMII NEWS Online – Maraknya pelemahan rongrongan terhadap negara, Bahas Pancasila Dalam  Perspektif Agama, Politik Dan Ideologi bangsa selama beberapa tahun terakhir disikapi oleh Pengurus Rayon Einstein Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Ngalah Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) dengan menggelar seminar nasional dalam rangka penguatan ideologi Pancasila, Sabtu (06/01/2017) di Aula Pancasila, Kampus setempat.

Seminar Nasional dengan tema “Pancasila Diambang Kehancuran” diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen. Yakni, mahasiswa UYP, perwakilan PMII lintas Komisariat dan perguruan tinggi dan beberapa perwakilan beberapa sekolah.

Seminar tersebut membahas Pancasila dari berbagai perspektif. Seperti, ideologi, agama dan politik itu menghadirkan Ketua FKUB Kabupaten Pasuruan Dr. H. Saifulah, M. Hi, Wakil Rektor I UYP Dr. Moch. Muzakki, M. Si dan Dr. Listyono Santoso, M. Hum sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Muzakki menyebut Pancasila merupakan ideologi yang telah disepakati sebagai dasar negara oleh founding fathers. Karena itu, wajar dan keharusan jika setiap rezim mulai orde lama, order baru, hingga orde reformasi selalu berusaha menjadikan Pancasila sebagai dasar negara.

“Meskipun dalam praktek, setiap rezim belum mampu sepenuhnya mengaktualisasikan Pancasila menjadi kenyataan hidup sehari-hari. Banyak praktek berbangsa dan bernegara kita yang kontraproduktif dengan Pancasila,” ungkap dosen FISIPOL yang juga alumni PMII itu.

Meningkatnya intoleransi sosial, ketidaksantunan berpolitik, kekerasan, praktek peradilan yang tidak adil, dan sebagainya bagi Muzakki merupakan salah satu hal yang kontraproduktif dengan nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Achmad Hilmi Masruri selaku Ketua Rayon Einstein dan sekaligus penanggung jawab acara tersebut menuturkan bahwa acara ini untuk dedikasi pihaknya untuk penguatan dan pemahaman generasi pelajar maupun pemuda dalam memahami Pancasila.

“Pancasila Panca Azimat, Trisakti harus kita pertahankan dan harus kita perjuangkan, sudah terbukti bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang dinamis yang dapat mempersatukan segenap lapisan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Acara bahas Pancasila Dalam  Perspektif Agama, Politik Dan Ideologi berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa setrtifikat, buku Surau Kami PMII dan kaos berbentuk lukisan wajah ketiga narasumber tersebut.

Pewarta : Editor :
Dede Oktamara Herwiningsih