PMII KKR Selenggarakan Dialog Kepemudaan Dan PKD | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PMII KKR Selenggarakan Dialog Kepemudaan Dan PKD

21 Januari 2018
PMII NEWS Online - Dialog Kepemudaan yang dihadiri oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Ery Eriansyah, Ketua Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kalimantan Barat (PMII KALBAR) Muammar kadafi, Sembilan Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Kubu Raya (KKR), dan hadiri serta dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kubu Raya Cecilia Agustia dengan Tema Integritas Pemuda Sebagai Wujud KeBhinnekaan dalam Demokrasi daerah yang berkemajuan di Gedung PGRI Kubu Raya, Jum'at (19/01/2018).

Ketua PMII Kubu Raya, Farianto mengatakan, "Sengaja saya konsep Pelatihan Kader Dasar (PKD) yang diselenggarakan selama tiga hari dan di hadiri oleh peserta mayoritas dari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Ulum Kubu Raya, diawali dengan Dialog Kepemudaan yang dihadiri dari berbagai elemen untuk meningkatkan integritas antar pemuda", ungkapnya.

Ia juga membenarkan alasan hadirkan narasumber Panwaslu Kabupaten Kubu Raya dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kubu Raya karena tidak lama lagi akan ada moment pesta demokrasi, oleh sebab itu pihaknya sengaja merangkai dialog tersebut agar para Pemuda Kabupaten Kubu Raya bersatu dalam membangun Integritas Pemuda.
"Dialog Kepemudaan ini dengan menghadirkan narasumber dari Panitia Pengawas Pemilu kubu Raya  dan Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Kubu Raya, agar kegiatan dengan tujuan menyatukan persepsi antar Pemuda atau Mahasiswa ini agar lebih meningkatkan integritas antar pemuda dalam perjalanan sistem Demokrasi di Indonesia khususnya di kabupaten Kubu Raya”, sambungnya.
“Karena sudah tak lama lagi akan ada pesta demokrasi yakni Pemilihan kepala daerah, maka sudah sepatutnya Pemuda menjadi pengawasan partisipasipatif agar perjalan Pilkada berjalan dengan sukses dan Kabupaten Kubu Raya menjadi daerah yang berkemajuan dalam sistem demokrasi", tutup Ketua Umum Cabang PMII KKR.

Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang PMII Kalimantan Barat, Muammar Kadafi senada dengan Fariato yang disampaikan dalam sambutannya.

"Pemuda memang harus menjadi garda terdepan dalam mengawal Demokrasi atau perjalanan Pilkada di Kalimantan Barat khususnya di Kubu Raya, karena segala sesuatu harus diawali oleh para Pemuda dengan semangat yang luar biasa. Kebetulan saya juga berdomisili di Kubu Raya, harapan saya kita para pemuda harus bersatu dalam menjunjung tinggi integritas Pemuda", tegas Khadafi.

Sedangkan Ery Eriansyah Ketua KNPI Kalimantan Barat sangat mendukung kegiatan Dialog Kepemudaan, "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung jegiatan Organisasi Kepemudaan seperti Pebgurus Cabang PMII Kubu Raya hari ini, karena memang sudah sewajarnya pemuda menjadi pemikir dan penggerak dalam mewujudkan proses Pemilihan Kepala Daerah yang lebih baik yang tak lama lagi akan digelar secara serentak", ungkap Ery.

Ia juga menghimbau agar memilih pemimpin yang perduli terhadap Pemuda. "Pilihlah seorang pemimpin yang peduli dengan pemuda, jangan berdasarkan agama atau etnis. karena saat ini sangat sulit untuk mencari pemimpin yang peka terhadap pemuda", tegas Erry Eriyansyah yang merupakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Kalimantan Barat tersebut.
Baca: KH. Maman Imanul Haq: Tanpa NU Indonesia Mungkin Akan Tinggal Nama
Tak jauh berbeda dengan yang disampaikan Ery ,Cecilia Tri Agustia selaku Kepala DISPORAPAR Kubu Raya dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya kepada Pengurus Cabang Rubu Raya yang telah menghadirkan dialog Kepemudaan tersebut.

"Melihat para pemuda Kubu Raya mengadakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan integritas antar pemuda ini, walau dengan keterbatasan Anggaran dan tidak ada anggaran Khusus dari Pemerintah Daerah Kubu Raya, namun masih bisa menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini, dan ini lah wujud integritas sebenarnya, bahwa ketika ada keinginan untuk hal-hal yang positif walau dengan keterbatasan namun di aplikasikan dengan kesolidaritasan maka akan berjalan dengan sukses", ujar Cecilia.

Kegiatan Tersebut juga di hadiri oleh Qomaruzzman Anggota PANWASLU Kubu Raya, Gubrani Ketua KNPI Kubu Raya, dimana keduanya menjadi narasumber dalam dialog Kepemudaan tersebut.

Pewarta : Editor :
Rika Artika Herwiningsih