Download E-Book, Aidit Dua Wajah Dipa Nusantara | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Download E-Book, Aidit Dua Wajah Dipa Nusantara

14 Januari 2018
PMII NEWS Online - Bertahun-tahun orang mengenalnya sebagai 'si jahat'. Lelaki gugup berwajah dingin dengan bibir yang selalu berlumur asap rokok. Dialah Dipa Nusantara Aidit yang dikenal melalui film Pengkhiatan G-30-S/PKI. Di layar perak kita ngeri membayangkan sosoknya: lelaki penuh muslihan, dengan bibir bergetar memerintahkan pembunuhan massal 1965.

Siapakah Aidit? Memipin PKI pada usa 31, ia hanya perlu setahun untuk melambungkan partai itu dalam kategori empat partai besar di Indonesia pada pemilu 1955. PKI mengklaim memiliki 3,5 juta pendukung dan menjadi partai komunis terbesar di di dunia setelah partai komunis di Uni Soviet dan Republik Rakyat Cina.

Aidit memimpikan Indonesia tanpa kelas, tapi ia terampas dalam prahara 1965. Setelah itu, seperti juga peristiwa G30S, ia jadi mitos. Ia dibenci namun diam-diam dipelajari kembali.
Download Juga: Buku Amaliah NU Dan Dalilnya
Kisah tentang D.N Aidit adalah salah satu cerita tentang "orang kiri Indonesia" yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo pada 2007-2010. Menyingkap yang belum terungkap, buku ini mengetengahkan pemikiran, ketakutan, kekecewaan, pengkhianatan, juga kisah cinta dan perselingkuhan sejumlah tokoh komunis Indonesia.


Penulis : Admin