Warga Pasuruan Krisis Air Bersih, Cabang PMII Suplai Hasil Penggalangan Dana | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Warga Pasuruan Krisis Air Bersih, Cabang PMII Suplai Hasil Penggalangan Dana

PMII News
11 Oktober 2017
PMII NEWS Online - Mahasiswa Yang tergabung Dalam pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pasuruan melakukan aksi simpati dengan cara mensuplai air bersih ke daerah Lumbang Kabupaten Pasuruan yang terdampak krisis air bersih akibat kemarau panjang yang terjadi hingga saat ini, Selasa (10/10/2017).
Foto: Warga Pasuruan Krisis Air Bersih, Cabang PMII Suplai Hasil Penggalangan Dana
Aksi ini merupakan tindak lanjut dari aksi sebelumnya "penggalangan dana di jalan" serentak di wilayah Pasuruan yang dilakukan pada tanggal 6 sampai 8 Oktober 2017 kemarin.

“Rencananya aksi ini akan kami lakukan setiap hari selama kekeringan untuk membantu warga yang terdampak krisis air bersih ini dimulai dari tanggal 9 kemarin dan Alhamdulillah hari ini berjalan sesuai dengan rencana meskipun ada sedikit kendala pada transportasi yang kita gunakan", ujar Khusnul selaku koordinator lapangan.

Sampai saat ini masih belum ada tanggapan yang pasti dari pemerintah dan DPRD Kabupaten Pasuruan terkait krisis air bersih yang terjadi di wilayah Lumbang, “Kami dari Pengurus Cabang PMII Pasuruan sudah koordinasi, tapi tidak ada tanggapan yang jelas. Jika dalam waktu dekat ini pemerintah masih belum menanggapi jeritan masyakat mengenai krisis air. Kami akan turun ke jalan dengan massa yang lebih banyak, supaya pemerintah mendengar dan menindaklanjuti jeritan warganya", ungkap Sahabat Rozi Ketua Cabang PMII Pasuruan.

Bapak Hajat salah satu warga yang menerima bantuan air mengungkapkan, “Sangat berterima kasih kepada para mahasiswa yang sudah memberi bantuan hingga ke desa ini. Kami jarang menerima bantuan air bersih sehingga anak-anak kami kalau kesekolah ada yang tidak mandi dan kalau tidak ada bantuan kita harus beli air dengan jarak tempuh lumayan jauh dengan harga Rp.3.000 per-jurigen”, jelasnya.

Krisis air bersih selalu melanda Kecamatan Lumbang setiap tahunnya selama musim kemarau panjang. Seharusnya pemerintah punya solusi, agar tidak ada lagi yang mengalami krisis air bersih di wilayah Pasuruan. Karena notabennya Pasuruan terkenal dengan sumber airnya dari Umbulan dan Banyubiru.

Penulis: Andi (Citizen Warta Pergerakan)