PMII Demak Didamingi LSKP Ke DPRD, Meminta Klarifikasi Kunjungan Pemda Ke Singapura | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PMII Demak Didamingi LSKP Ke DPRD, Meminta Klarifikasi Kunjungan Pemda Ke Singapura

28 Oktober 2017
PMII NEWS Online - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Demak didampingi Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) beraudiensi ke DPRD Demak, Kamis (26/10/2017).
Mereka mengadukan dugaan plesiran jajaran pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Demak ke Singapura yang dilaksanakan pada 13-15 Oktober 2017. Ketua PMII cabang Demak, Ali Muntahar menjelaskan, dirinyadan puluhan sahabat lainnya meminta DPRD untuk mengklarifikasi hal tersebut.

"Kami dapat info bahwa Bupati, Sekretaris Daerah, seluruh asisten hingga camat berkunjung ke Singapura, nah kami ingin mengtahui dalam agenda apa ke sana, dan menggunakan dana apa," pinta Ali Muntahar.

Terpisah, Diriktur LSKP, Muhammad Rifai menjelaskan, kunjungan pimpinan daerah diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

"Dalam pasal 76 dijelaskan bahwa pemerintah daerah atau aparatur sipil negara di bawah kementerian harus ijin Kemendagri jika akan berkunjung ke luar negeri," imbuh Rifai.

Ia memaparkan jika peraturan itu dilanggar, sanksi yang akan diterima ialah pemberhentian selama tiga bulan.

"Makanya kami menunggu klarifikasi yang akan dilaksanakan DPRD, karena kami juga tidak tahu dalam rangka apa, apakah kunjungan pribadi atau cuti, tapi kok rombongan," sambungnya.

Sumber: jateng.tribunnews.com