Mahasiswa NU, Wajib Kenal Dan Memperkenalkan ASWAJA | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Mahasiswa NU, Wajib Kenal Dan Memperkenalkan ASWAJA

PMII News
27 Oktober 2017
PMII NEWS Online - Rayon Tabassam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Wahab Hasbullah Jombang menggelar kajian rutin Aswaja di Aula Kampus Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah, Kamis (26/10/2017). Diskusi yang diikuti beberapa anggota dan pengurus BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas berjalan dengan hidmat.
Mahasiswa NU, Wajib Kenal Dan Memperkenalkan Aswaja
Fasilitator Agus Riyanto yang juga pernah menjabat sebagai Ketua 3 Cabang PMII Jombang mengatakan bahwa anggota PMII selain harus paham Aswaja juga harus ikut andil memperkenalkan Aswaja.

"Sebagai anggota PMII maka sahabat-sahabat wajib paham bagaimana mengamalkan Aswaja, selain itu sahabat-sahabat juga wajib memperkenalkan kepada sahabat-sahabat yang lain", tegas Agus membuka diskusi.

Selanjutnya Agus menjelaskan kembali tentang Aswaja dan bagaimana mengamalkan Aswaja secara benar, juga menegaskan kembali bahwa Aswaja sudah sangat tepat menjadi kerangka metode dalam berfikir dan bergerak.

"Sudah sangat bijak jika PMII secara tegas menjadikan Aswaja sebagai haluan ataupun metode dalam berfikir dan bergerak, sebab Aswaja berarti memegang 4 prinsip, yaitu Tawasuth, Tasamuh, Tawazun dan Itidal", tegas Agus dalam forum.

Selanjutnya giliran para peserta diskusi diberikan waktu oleh Agus untuk kembali menjelaskan apa yang telah dipahami tentang Aswaja dan mengapresiasi dengan air minum dan makanan setelah peserta ikut berbicara.

"Agar sahabat-sahabat juga ikut aktif dan guna melatih kecakapan maka sahabat-sahabat wajib berbicara mempresentasikan apa yang telah sahabat-sahabat pahami tentang Aswaja, minimal sahabat-sahabat akan senantiasa siap, jika diminta untuk menjelaskan Aswaja kepada orang lain", suruh Agus kepada peserta diskusi.

Selain itu Agus mewajibkan sahabat-sahabat mulai menuliskan kembali tentang gagasan Aswaja sebelum mengakhiri diskusi.

"Sebelum diskusi ini kita akhiri, maka sahabat-sahabat wajib menuliskan kembali gagasan Aswaja yang telah sahabat-sahabat pahami, Sahabat-sahabat harus mampu ikut andil mengenalkan Aswaja di media sosial sehingga medsos tersebut menjadi media yang bermanfaat dan positif", tambahnya.

Perlu diketahui bahwa Rayon Tabassam PMII Komisariat Wahab Hasbullah Jombang adalah kepengurusan tingkat Fakultas Agama Islam di Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang.

Penulis: Sam (Anggota Rayon Tabassam Komisariat Wahab Hasbullah Jombang)