PMII AL-QOLAM TERLANJUR BERAKAR | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PMII AL-QOLAM TERLANJUR BERAKAR

23 September 2017
PMII NEWS Online - Dalam konteks kegiatan kemahasiswaan, di lingkungan IAI Al-Qolam Gondanglegi Malang hingga saat ini, PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) masih menjadi organisasi ekstra kampus yang mayoritas.
Foto: Kampus IAI Al-Qolam (Edition Logo PMII, GMNI dan HMI)
Jika digambarkan, keberadaan pergerakan itu seperti pohon beringin yang berakar menancap ke dalam tanah, sehingga keberadaan organisasi kemahasiswaan yang lahir pada 1997 itu terlalu kuat untuk digoyang.

Sebenarnya PMII Al-Qolam telah memiliki lawan organisasi kemahasiswaan, yaitu GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Al-Qolam. Tetapi karena PMII telah tumbuh sebagai mayoritas sejak awal, maka pertarungan keduanya tampak sangat tidak imbang. Rivalitas dua organisasi ekstra yang dapat dilukiskan seakan buaya versus cicak itu kelihatan dari berbagai macam dinamika kehidupan organisasi kemahasiswaan, seperti rekrutmen anggota, perebutan posisi-posisi penting dan yang strategis seperti di BEM, UKM, HMJ, geliat kegiatan dan sampai daya tawar dengan organisasi kemahasiswaan di luar kampus Al-Qolam.

Selain miskin anggota, eksistensi GMNI Al-Qolam benar-benar tenggelam dalam nina-bobok yang berkepanjangan. Selain tidak banyak berkiprah dalam organisasi intra kampus, perwakilan GMNI Al-Qolam juga belum mampu mewarnai organisasi kemahasiswaan di tingkat Kabupaten. Sungguh, bila dihadapkan dengan PMII Al-Qolam, wujud GMNI Al-Qolam bagaikan pedang tumpul yang telah berkarat.

Sedangkan PMII Al-Qolam telah melesat jauh dengan ragam aktifitasnya, semisal perekrutan anggota Maba (Mahasiswa Baru) yang mampu menguasai hampir seluruh lumbung mahasiswa di setiap jurusan, dapat mendudukkan delegasi-delegasinya di semua elemen organisasi intra kampus. Selain bendera PMII berkibar di tengah-tengah rumput kampus hijau dengan program-programnya seperti diskusi, kegiatan ilmiah atau rutinan keagamaan, nama PMII Al-Qolam juga kian harum setelah orang-orangnya bisa bertengger di jajaran organisasi kemahasiswaan di pusaran Kabupaten dan bahkan di tingkat pusat.

NYARIS TANPA SEKELUMIT CELAH

Dalam perkembangan IAI Al-Qolam memasuki tahun akademik 2017 - 2018, tercium wacana lahirnya organisasi kemahasiswaan ekstra yang baru di lingkungan IAI Al-Qolam Gondanglegi.

Sebetulnya, apabila melihat dari jejak-jejak organisasi kemahasiswaan ekstra di dalam pagar IAI Al-Qolam, maka sejarah perjalanan pernah dikagetkan oleh rencana akan dipancangkan tiang organisasi kemahasiswaan ekstra yang baru, yaitu HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Namun karena gerakan rekrutmen yang tidak efektif ditambah PMII benar-benar merajai Al-Qolam, maka wacana tersebut hanya isapan jempol belaka.

Oleh sebab itu, sampai saat ini PMII masih manjadi raksasa yang tidak ada duanya di tanah Al-Qolam. Agak sulit menggrogoti kekokohan PMII, selama lawan (atau calon rival) tidak bersungguh-sungguh menata organisasi dengan terencana. Senyampang lawan (atau calon rival) PMII masih bersikap tawakal terhadap keadaan tanpa upaya-upaya secara maksimal, maka dapat dipastikan PMII akan tetap tampil menjadi organisasi kemahasiswaan yang mempunyai akar mencengkram. Nyaris-nyaris ketunggalan PMII di lingkungan IAI Al-Qolam bagai singa lapar yang sewaktu-waktu siap mencakar setiap musuh-musuh yang sedikit saja berani bertingkah.

Bahkan diprediksi bakal menjelma sebagai satu-satunya organisasi kemahasiswaan yang menikmati "single majority" sepanjang masa di perguruan tinggi kebanggaan Malang Selatan itu.

Penulis: Muhammad Madarik