PKC PMII Jatim Tanggapi Serius Pernyataan Kapolri Terkait Pembubaran HTI | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

PKC PMII Jatim Tanggapi Serius Pernyataan Kapolri Terkait Pembubaran HTI

23 September 2017
PMII NEWS Online - Pernyataan keras yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyusul semakin masifnya gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), mendapat tanggapan serius dari Ketua Umum PKC PMII (Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Jawa Timur Zainuddin.
Dalam beberapa kesempatan PMII Jawa Timur selalu menekankan agar pihak pemerintah daerah segera melarang kegiatan yang dilakukan oleh HTI.

Zainuddin juga menjelaskan bahwa harus ada langkah cepat dalam menangkal paham radikalisme dan fundamentalisme ini, "Kami sudah melakukan inisiasi dan bahkan sudah bertemu dengan Kapolda Jatim beberapa waktu yang lalu, agar segera mengambil kebijakan, tapi hingga saat ini masih belum ada sikap tegas dari Kapolda", ungkapnya, Kamis (05/05/2017).

Zainuddin juga menambahkan bahwa, PMII Jawa Timur sudah melayangkan permohonan diterbitkannnya perda pelarangan segala kegiatan yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, "Kita juga sudah layangkan surat ke Gubernur dan DPRD Jawa Timur beberapa waktu yang lalu, namun sampai hari ini belum ada tindak lanjut yang konkrit, padahal kami sudah siap mengawal hal itu hingga tuntas, karena kami ingin HTI terutama hilang di bumi Jawa Timur", imbuhnya.

Sebelumnya Kapolri menyatakan sikap akan menindak tegas setiap gerakan yang mengancam ketertiban masyarakat apalagi yang bertentangan dengan pancasila. Karenanya ke depan akan diupayakan agar HTI dibubarkan dan dihilangkan secara permanen. Untuk tujuan tersebut, pihaknya akan mengkoordinasikan dengan Kementerian Koordinasi Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) seperti dilansir jppn.com. (Sio)