OSPEK: Saatnya Menyambut MABA Tanpa Bullying | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

OSPEK: Saatnya Menyambut MABA Tanpa Bullying

23 September 2017
PMII NEWS Online - Orientasi Study dan pengenalan kampus (Ospek) merupakan agenda tahunan yang diagendakan oleh kampus baik swasta maupun negeri untuk menyambut mahasiswa baru.

Ospek yang sejatinya merupakan masa-masa orientasi atau pengenalan bagi mahasiswa baru agar mengetahui lebih dekat tentang kampus barunya memang justru lekat dengan aksi perploncoan dari senior.

Aksi yang bukannya membuat mahasiswa baru berkembang dan nyaman di kampus, tapi malah justru membuat pembodohan-pembodohan yang tak berujung.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa budaya ini memang masih saja ada dan mendarah daging di acara-acara ospek yang hampir dilakukan di setiap kampus baik swasta maupun negeri.

Dari mulai hardikan dan hinaan dalam bentuk kata-kata kotor yang keluar dari mulut-mulut senior hingga sampai pada tindakan-tindakan kekerasan yang seakan-akan sudah menjadi tindakan maklum bagi para senior kepada para yunior.

Padahal jelas Allah melarang kita menghina yang lain dalam (QS. Al-Hujuraat: 11).
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan (menghina) kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan (menghina) kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri, dan janganlah melakukan tanabuz (memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan). seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman, dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim", -QS. Al-Hujuraat: 11.

Maka dari itu sudah saatnya kita meninggalkan budaya tersebut dalam dunia pendidikan, budaya kolonialisme, budaya kediktatoran yang di tinggalkan para pendahulu kita, sudahi balas membalas di forum orientasi yang tidak manusiawi.

Masih banyak Cara yang lebih bermartabat untuk mengisi orientasi Study dan pengenalan kampus (ospek) agar mahasiswa baru terbangun tumbuh berkembang dan merasa nyaman di dunia kampus.

Sudah saatnya Ospek di isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yang dapat menumbuh kembangkan mahasiswa baru, dari mulai kegiatan literasi, diskusi dan kegiatan - kegiatan menumbuh kembangkan bakat dan minat sehingga dapat menjadi warna-warni yang mewarnai.

Sehingga kegiatan Ospek memang dapat memfasilitasi mahasiswa baru menghadapi transisi dari siswa menuju mahasiswa dari mulai pola kehidupan, pola berfikir, pola bertindak dan pola nilai-nilai lainya.

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa, tampilan Indonesia di masa depan maka sudah seharusnya mendapatkan pola pendidikan dan orientasi yang dapat menumbuh kembangkan bakat serta menanamkan nilai-nilai religiusitas dan nilai-nilai kebangsaan.

Penulis: Agus Riyanto (Anggota PMII Rayon Tabassam UNWAHA Jombang)