HTI Resmi Dibubarkan, Secara Legalitas Tidak Punya Status Badan Hukum | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

HTI Resmi Dibubarkan, Secara Legalitas Tidak Punya Status Badan Hukum

23 September 2017
PMII NEWS Online - Pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh Dirjen Adminstrasi Hukum Umum Kemenkum HAM Freddy Harris melalu konferensi pers, Rabu (19/07/2019) di gedung Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.
Foto: Saat Konferensi Pers di Gedung Kemenkum HAM
Seperti yanh dilansir oleh detik.com, ada sebuah Keputusan pada pencabutan status badan hukum HTI tercatat dalam Surat Keputusan (SK) Menkum HAM dengan nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang Pencabutan Keputusan Menkum HAM No AHU-0028.60.10.2014. SK terakhir adalah 

Kemenkum HAM menjelaskan tindakan tegas diberikan kepada perkumpulan atau ormas yang melakukan upaya atau aktivitas yang tidak sesuai dengan kehidupan ideologi Pancasila dan hukum NKRI. Pemerintah juga meyakinkan pencabutan SK Badan Hukum HTI bukanlah keputusan sepihak. Namun hasil sinergi badan pemerintah.


"Yang berada di ranah politik, hukum, dan keamanan", kata Freddy.

Pembubaran HTI adalah tindak lanjut atas Perppu no 2 tahun 2017 yang baru diterbitkan oleh pemerintah. (Download: Perppu No 2 Tahun 2017). Freddy memastikan pemerintah tetap menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul, dan berpendapat namun perkumpulan atau ormas (organisasi kemasyarakatan) wajib mengikuti aturan yang berlaku dan tetap berada di koridor regulasi yang ada.

Sumber: detik.com