Bhineka Tunggal Ika Bukan Sekedar Slogan Politik | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Bhineka Tunggal Ika Bukan Sekedar Slogan Politik

23 September 2017
PMII NEWS Online - Indonesia merupakan negara yang unik dibandingkan dengan negara lainnya, berbagai macam suku dan bahasa yang tersebar disepanjang luas negeri ini membuat kita semakin tertantang menjaga keberagaman yang terlentang 3,5 juta.

Perbedaan seharusnya menjadi kekuatan bagi kita sebagai bangsa agar terus menjaga tradisi dan kebersamaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, berdiskusi dan memahami sejarah bangsa ini seharusnya menjadi tradisi untuk memahami makna luas perbedaan itu sendiri. Remy Sylado dalam buku "Perempuan Bernama Arjuna" mengungkapkan keterkaitan antara budaya, agama dan sejarah yang akhir-akhir ini melanda di negeri ini.


Banyak sejarah bangsa ini yang seharusnya kita refleksikan bersama, bagaiman pendahulu kita memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, perbedaan agama dan ras bukanlah ujung dari permasalahan itu sendiri, kenapa kita terpengaruh begitu mudah dengan isu yang demikian? Jawabannya hanya satu, kita sebagai penerus bangsa kurang belajar dan kuarang membaca sejarah perjalanan bangsa ini.


Hal ini dikuatkan dengan rilis yang dikeluarkan oleh Program for Internasioanal Students Assessment (PISA) dalam harian kompas edisi 27 april, mengatakan daya membaca bangsa Indonesia hanya naik 1 angka per tahun.


Hal ini pula yang menyebabkan semakin besarnya persoalan iri dan dengki yang merasuki individu-individu masyarakat indonesia, kealpaan dalam membaca khususnya sejarah memperparah akan pemahaman kita sebagai bangsa yang kaya akan budaya dan adat ketimuran.


Jika kita mampu memahami bahwa konflik agama bukanlah tentang agama itu sendiri melainkan tentang suatu kepentingan politik dan pasar yang dibalut dengan agama, perselisihan antara minoritas dan mayoritas awalnya berpangkal pada konkurenai dagang di pasar (Remy,2016). Sehingga Bhineka Tunggal Ika hanya sebatas menjadi slogan politik kepentingan.


Oleh : Zainuddin
(Ketua Umum PKC PMII Jawa Timur )