Apakah PMII Punya Ideologi ? | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Apakah PMII Punya Ideologi ?

PMII News
23 September 2017
PMII NEWS Online - Ideologi secara umum diartikan sebagai science of science atau ilmu pengetahuan yang membahas tentang ilmu pengetahuan. Atau dalam istilah lain ideologi adalah set of believe accepted by some group (kesatuan kepercayaan yang diterima oleh suatu kelompok) ideologi hanya berkutat dalam masalah politik dan ekonomi  namun dalam keadaan tertentu ada yang tidak dalam hal tersebut.

Kita ambil contoh pancasila, ia menjadi sebuah ideologi karena ia merupakan suatu konsep yang dipercayai oleh founding father Indonesia dan diterapkan di Indonesia sebagai suatu pandangan dalam hal konsep politik, filsafat politik, teori dan kelembagaan politik di Indonesia. Dalam bidang ekonomi seharusnya mengambil pula nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Lalu bagaimana dengan organisasi mahasiswa? Apakah mereka mempunyai landasan berpikir dan landasan bergerak yang jelas?.

Kita ambil beberapa contoh organisasi mahasiswa yang ada di Indonesia sebagai telaah gerakan :

GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia)
GMNI adalah salah satu organisasi yang tidak membawa agama dalam gerakannya. Maka ia bersifat umum dan lintas agama, sebagai organisasi yang soekarnoi s GMNI berlandaskan pancasila dan diekstraksi menjadi ke-Tuhan-an dalam bidang agama, sosialis- nasionalis dalam bidang kebangsaan dan ekonomi dan berpandangan sosio-demokratis dalam bidang politik.

HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)

HMI adalah salah satu organisasi kemahasiswaan senior yang sudah ada semenjak zaman orde lama yang memiliki ideologi NDP (Nilai Dasar Perjuangan) yang dalam beberapa artikel kajiannya diinti-sarikan menjadi iman sebagai landasan kepercayaan, ilmu sebagai landasan sosial  dan amal sebagai pengejawantahan dari iman dan ilmu.

PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia)

PMKRI lahir pada tahun 1947 berlandaskan pancasila yang di jiwai dengan kekatolikan yang (mungkin) dalam bidang politik dan ekomoni PMKRI berasaskan pancasila dan ke-Katolik-an pula.

FPPI (Front Perjuangan Pemuda Indonesia)
FPPI adalah organisasi mahasiswa nasionalis yang berpandangan dalam hal politik demokratis dan dalam ekonomi berasaskan kerakyatan , kerakyatan yang disingkat dengan istilah NASDEMKRA

LMND (Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi)
Tidak banyak artikel yang membahas tentang landasan ideologis LMND namun asas perjuangannya adalah demokrasi kerakyatan.

IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah)
Hampir sama dengan HMI, IMM pun berasaskan pada Iman, Ilmu dan Amal
yang kemudian juga berkaitan dengan trilogi lahan garapan Keagamaan-Kemasyarakatan-Kemahasiswaan dan juga trikompetensi kader Spiritualitas-Intelektualitas-Humanitas

KAMMI
Dalam tataran organisasi islam KAMMI termasuk organisasi muda yang lahir dalam kisruh politik pra-reformasi, ia dibentuk oleh FSLDK (Forum Silaturahmi Dakwah Kampus). Secara umum KAMMI merupakan organisasi berlandaskan Islam (mungkin) juga dalam pandangan politik, ekonomi dan sosialnya.
Lalu bagaimana dengan PMII?

Sejak awal berdirinya PMII merupakan organisasi yang berafiliasi dengan Nahdhatul Ulama yang berhaluan Islam Tradisionalis Sunni atau Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Aswaja). Sampai sekarang ASWAJA yang merupakan madzhab dalam islam ditransformasikan menjadi Manhajul Fikr dan Manhajul Harokah.
Sebagai Manhajul Fikr, PMII berpegang pada prinsip tawassuth (moderat), tawazun (netral), ta’adul (keseimbangan), dan tasamuh (toleran).

Dalam bidang Politik PMII berprinsip  Masholihur Ro’iyyah atau kemaslahatan publik dalam arti lain kerakyatan dalam arti nilai. Maka PMII tidak menganut salah satu  sistem seperti khilafah, mamlakah ataupun sulthoniyah dan jumhuriyyah. Tetapi menganut semua sistem sesuai dengan perkembangan zaman.

Jika dahulu sistem pemerintahan Islam adalah khalifah dizaman sahabat maka yang maslahat bagi rakyat waktu itu adalah khilafah. Lalu dilanjutkan dengan sistem teokrasi yang masih mengatasnamakan khilafah walaupun secara substansi adalah kerajaan seperti dinasti umayah, abbasyiyah ataupun masa pemerintahan mamlakah-mamlakah kecil atau sulthonah seperti fathimiyah dan memasuki era jumhuriyah (Negara) diabad ke-21. jadi tidak dapat diartikan PMII berideologi politik demokrasi saja tapi berideologi Demokrasi Substansial dan Pluralistik dengan berlandaskan surat al-Hujurot ayat 13.

Dalam bidang ekonomi PMII berpegangan pada sistem ekonomi islam yaitu prinsip Mu’awanah (saling tolong menolong) hampir sama dengan prinsip politik, dalam ekonomi pun Mu’awanah merupakan prinsip substansial makan tidak mensyaratkan jenis ekonomi tertentu asalkan membawa kemaslahatan dan keberkahan.

Resume PKL PMII Cabang wonosobo
Pemateri : KH. Mustafid ( Gus Tahfidz)
Penulis : Muhammad Faiz Al Afify*
*Pengurus Cabang Kabupaten Bandung