Al-Qolam Gagas Forum Mahasiswa PIAUD Se-Jawa Timur | PMII NEWS Online

Iklan Semua Halaman

Al-Qolam Gagas Forum Mahasiswa PIAUD Se-Jawa Timur

23 September 2017
PMII NEWS Online - "Memantapkan Langkah Mahasiswa PIAUD Lewat Forum Mahasiswa PIAUD se-Jawa Timur". Tema ini merupakan pokok bahasan yang diusung oleh inisiator mahasiswa IAI Al-Qolam dalam pertemuan dengan mahasiswa PIAUD dari beberapa perguruan tinggi lain.

Kegiatan perdana bagi Program Studi yang berubah nomenklatur dari PGRA menjadi PIAUD ini dilangsungkan pada 10 April 2017 di ruang auditorium Al-Qolam.

Berdasarkan edaran yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0404/E3.2/2015 tanggal 2 Februari 2015 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi, terjadi perubahan nomenklatur Program Studi PGRA (Pendidikan Guru Raudlatul Athfal) menjadi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini).

Dalam sambutannya, ibu Fitrotul Hikmah mengungkapkan bahwa capaian awal dari pertemuan perdana ini adalah pembentukan pengurus forum, pencanangan dan pelaksanaan proker, serta draft usulan yang akan dibawa ke forum mahasiswa PIAUD skala nasional yang akan dilaksanakan pada bulan April di Pontianak Kalimantan Barat nanti.

"Melalui pertemuan ini, kita berharap rumusan tentang bagaimana relasi antar mahasiswa PIAUD bisa dikomunikasikan lebih intens lagi," terang Ketua Prodi PIAUD IAI Al-Qolam ini.

Selanjutnya, ibu yang terbilang lincah itu menjelaskan bahwa pertemuan kali ini digagas oleh kampus hijau Al-Qolam.

"Meskipun tempat kami sangat sederhana dan jauh dari wilayah perkotaan, tetapi bermodal tekad yang kami yakini, kami memberanikan diri memfasilitasi dan menjadi tuan rumah forum ini," paparnya.

Menurut ibu yang biasa dipanggil Bu Fitroh, kondisi kampus yang sederhana dan berada di kecamatan daerah Malang Selatan yang notabene jauh dari kota, tidak menyurutkan semangat kami mengumpulkan mahasiswa PIAUD dari perguruan tinggi lain untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Sedangkan Uswatun Hasanah, selaku Panitia Penyelenggara, menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan kegiatan ini cukup singkat.

"Padahal, perencanaan dan persiapan yang dilakukan oleh teman-teman HMJ PIAUD ini dilakukan secara singkat, secara praktis hanya dalam waktu 10 hari. Mulai dari menghubungi perwakilan-perwakilan HMJ lain, pembentukan panitia, hingga pendataan peserta yang akan mengikuti forum ini," ungkapnya.

Sementara bapak Muhammad Madarik dalam sambutannya atas nama rektorat menyampaikan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak, khususnya Kaprodi PIAUD IAI Al-Qolam, panitia penyelenggara dan para tamu undangan.

"Melalui forum ini, besar harapan saya lahir komunitas mahasiswa PIAUD yang kokoh. Sehingga segala macam perkembangan terkait pendidikan anak usia dini bisa ditampung dan dikelola sedemikian rupa yang pada akhirnya generasi muda kita mampu dientas dari kebodohan dan demoralisasi yang kian mengkhawatirkan," ungkap Wakil Rektor III yang akrab dipanggil Gus Mad ini.

Dalam kegiatan ini, peserta yang datang berjumlah 24 orang mewakili 20 mahasiswa jurusan PIAUD dari perguruan tinggi negeri maupun swasta seperti UIN Maliki, Unisma, IAIN Ponorogo, UIN Sunan ampel, Instika Luk Guluk Bangkalan dan beberapa kampus lainnya. (Mdr)